Cara Menginstall dan Mengkonfigurasi Joomla  

Cara Menginstall dan Mengkonfigurasi Joomla – Sebelum membahas mengenai cara menginstall dan mengkonfigurasi joomla, ada baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu apa itu joomla. Joomla merupakan sebuh sistem manajemen kontek atau SMK, istilah lainnya adalah CMS.

Joomla ini bersifat open source yang artinya terbuka bebas untuk siapa saja dan gratis. Joomla ini dkembangkan dengan PHP, sedangkan sistem basis data yang digunakan adalah MySQL. Joomla dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan internet maupun intranet.

Meskipun joomla bukanlah sebuah CMS yang sepopuler wordpress, namun cukup banyak juga orang yang memilih menggunakan joomla ini.

Ada beberapa fitur yang ada di joomla, diantaranya adalah sistem caching yaitu sebuah sistem yang diperuntukkan peningkatan performa dari joomla tersebut, blogs, polling, RSS, dan lainnya.

Joomla ini memiliki 3 komponen mendasar yaitu web server sebagai media yang menyediakan layanan situs, skrip PHP yang berisi kode pemrograman, dan juga bahasa MySQL yang merupakan sebauh wadah penyimpanan konten. Nah, sekarang mari kita bahas tentang cara menginstall dan mengkonfigurasi joomla.

Cara Menginstall dan Mengkonfigurasi Joomla  

Cara menginstall dan mengkonfigurasi joomla tidak terlalu sulit. Sebelum melakukan proses instalasi, kita butuh melakukan beberapa persiapan file yang akan digunakan, diantaranya:

  1. File joomla yang dapat didownload terlebih dahulu jika kita belum punya.
  2. Aplikasi local server, kita bisa menggunakan xampp.
  3. Browser, bisa menggunakan google chrome, mozilla firefox, opera, dan sebagainya.

Nah, berikut adalah langkah atau cara menginstall dan mengkonfigurasi joomla:

  1. Install xampp seperti biasa lalu mulai jalankan aplikasi tersebut.
  2. Ekstrak file joomla yang telah didownload di partisi yang diinginkan, dan jangan lupa untuk memberi nama pada folder ekstarknya, misalnya: joomla_example atau joomlaexample.
  3. Pindahkan folder joomla_example hasil ekstrak tadi ke C:\xampp\htdocs.
  4. Untuk mulai menginstall joomla, buka browser misalnya mozilla kemudian ketik http://localhost/joomlaexample di addres bar.
  5. Pilih next kemudian pilihlah bahasa yang akan kita gunakan.
  6. Setelah itu akan muncul sebuah kolom informasi lagi, pilih saja next.
  7. Membuat database dengan cara membuka tab baru di browser lalu ketiklah http://localhost/phpmyadmin.
  8. Setelah membuat database, kembali ke tab instal joomla, jika muncul ftp maka pilih saja next.
  9. Akan muncul sebuah kolom dengan informasi website dan sebagainya. Apabila semua informasi tersebut sudah benar dan lengkap, langsung saja pilih next.
  10. Proses install dan konfigurasi telah selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *